TUGAS-2: SEJARAH ORANG BIASA (KELAS XI)

Sejarah (Peminatan) Kelas XI Semester-1

TUGAS-2: SEJARAH ORANG BIASA

 

  1. PENGANTAR

“Orang kebanyakan layak dicatat dalam sejarah.  Karena mereka adalah saksi kehidupan, maka mereka layak menjadi sumber sejarah, layak menjadi sumber inspirasi bagi siapa saja.”  Dari mereka, siswa diharapkan dapat menemukan sadar kesejarahan, kebijaksanaan lokal dan inspirasi.”

Bukan tanpa tujuan bila Tugas-2 ini disampaikan.  Setidaknya ada beberapa hal yang ingin dicapai dari Tugas ini:

  • mengantar siswa untuk berdialog dengan masa lalu, melalui sumber lisan yang ada;
  • merekam informasi dari sumber lisan yang ditemui, untuk mendapat wisdom dari mereka;
  • menjemput inspirasi dari kearifan dan keunggulan mereka.

Generasi yang berbudi adalah generasi yang dapat berkomunikasi dengan baik dengan sejarah yang dimiliki bangsanya.

02. KETENTUAN PELAKSANAAN TUGAS

  1. Judul Tugas-2, identitas Subject email, dan Nama file Tugas-2 ini seragam: “T2 SejarahOrangBiasa, Kelas, NamaLengkap”. Contoh: “T2 SejarahOrangBiasa X-IPS-1 Moh. Shobirienur Rasyid”
  2. Carilah informan segenerasi kakek-nenek (usia di atas 60 tahun) untuk menggali informasi sejarah yang berhubungan dengan kesaksian mereka pada kehidupan politik/sosial/budaya/ekonomi/ pemeluk agama. Wawancarailah kesaksian mereka.
  3. Buat artikel sebanyak 8.000 – 10.000 kata yang memuat (1) pengantar (5%), (2) menemukan informan sejarah (10%), (3) kisah singkat kehidupan informan (15%), (4) kesaksian kehidupan politik/sosial/budaya/ ekonomi/pemeluk agama yang informan alami (55%), (5) catatan komentar dari penulis (10%), (6) kesimpulan (3%), (7) sumber referensi (2%)
  4. Batas akhir pelaksanaan Tugas-2 adalah 3 September 2018, sudah terkirim ke email mohshobirienurrasyid@gmail.com dalam bentuk lampiran (attachment) email. Attachment Email sebaiknya juga dikirim ke email walikelas dan email pribadi. File attachment berbentuk .pdf atau .rtf

 

Jakarta Selatan, 3 Agustus 2018

MOH. SHOBIRIENUR RASYID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *