TUGAS-1: MENULIS AUTOBIOGRAFI (KELAS XI)

Sejarah (Peminatan) Kelas XI Semester-1

TUGAS-1: MENULIS AUTOBIOGRAFI

  1. PENGANTAR

“Untuk melahirkan generasi terbaik, dimulai dari mempersiapkan diri sebagai generasi otentik.  Generasi otentik adalah generasi kreatif dan sekaligus merekamkan dirinya dalam sejarah dengan tinta emas.  Autobiografi ini adalah bukti kehadiran generasi secara otentik dalam sejarah.”

Setahun di SMA Labsky telah dilewati.  Banyak peristiwa yang dapat dibagi dan sekaligus direkamkan di sini.  Dengan rekaman ini, kelak akan menjadi saksi kunci, bahwa:
(a) mereka adalah kaum terpelajar yang belajar dengan sungguh-sungguh,
(b) mereka adalah anak-anak kelas menengah yang memiliki visi yang kuat, dan
(c) mereka adalah anak-anak terbaik yang selalu mau menempa diri untuk menjadi generasi terbaik.

Tugas ini adalah persembahan siswa SMA Labschool Kebayoran angkatan 2017 untuk Indonesia, untuk kesaksian diri mereka sendiri, dan untuk berbagi cerita kepada semua.  Semoga dari generasi terbaik akan menularkan aura kebaikan bagi Indonesia.

02. KETENTUAN PELAKSANAAN TUGAS

  1. Judul Tugas-1, identitas Subject email, dan Nama file Tugas-1 ini seragam: “T1 Autobiografi Kelas, NamaLengkap”. Contoh: “T1 Autobiografi XI-IPS-1 Moh. Shobirienur Rasyid”
  2. Subjudul bebas, tetapi harus mengandung angka tahun usia Anda, misalnya “17 Tahun Hidup yang Menyenangkan” subjudul menggunakan font size ‘large’
  3. Paparan isi dikelompokkan dalam bentuk 5 (lima) periodisasi, misalnya: Periode Balita, Periode KB-TK, Periode SD, Periode SMP, Periode Setahun di SMA.
  4. Setiap periode berisi sekitar 1.000 kata. Seluruh isi tugas terdiri dari minimal 5.000 kata dan maksimal 5.100 kata.
  5. Setiap periode kehidupan terdiri dari dua konten: (e.1) sisi kehidupan pribadi sebanyak 500 kata, dan (e.2) sisi kehidupan ekonomi/sosial/politik/budaya/ hukum di negara ini yang terjadi bersamaan dengan kehidupan pribadi.
  6. Setiap periode disertai ‘dokumentasi’ pribadi. Dokumentasi dapat berupa foto, film, copy akte kelahiran, dan lain-lain.
  7. Untuk peristiwa yang tidak dapat lagi diingat, dapat menggunakan quotasi dan/atau informasi dari orang-orang yang berkaitan, misalnya orang tua, kakek-nenek, pengasuh, kakak dan lain-lain.
  8. Untuk mengungkapkan sisi kehidupan ekonomi/sosial/politik/budaya/hukum di negara ini, gunakan sumber-sumber informasi yang terpercaya. Semua sumber yang dipakai harus dicantumkam pada bagian akhir tulisan sebagai referensi.
  9. Batas akhir pelaksanaan Tugas-1 adalah 3 September 2018, sudah terkirim ke email mohshobirienurrasyid@gmail.com dalam bentuk lampiran (attachment) email. Attachment Email sebaiknya juga dikirim ke email walikelas dan email pribadi. File attachment berbentuk .pdf atau .rtf

Jakarta Selatan, 3 Agustus 2018

MOH. SHOBIRIENUR RASYID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *